Info Menarik | Lagu Lagu | Games | Templates

Cari di Blog Ini

Panduan Untuk Memulai Bisnis Warnet



Teknologi warnet (warung internet) merupakan alternatif yang gampang dan sangat dibutuhkan untuk mendapatkan akses internet yang murah. Dewasa ini sudah banyak warung internet yang menjamur di mana-mana. Warnet memungkinkan orang untuk mengakses internet hanya dengan biaya 2000 hingga 5000 perjamnya. Oleh karena itu tidak heran jika banyak orang yang menggunakan alternatif ini untuk bisa mengakses dunia maya.
Secara umum ada dua faktor utama yang perlu dilihat untuk memulai bisnis ini. Yang pertama dari segi bisnis dan manajemennya, dan juga dari segi teknologinya.
Bisnis Warnet
Dari sisi bisnis dan manajemennya, isunya biasanya berkisar pada masalah pemasaran, promosi, dan masalah bagaimana mendatangkan pelanggan. Jangan pernah berkonsentrasi pada masalah teknis, karena pada akhirnya sense of business menjadi faktor penentu keberhasilan bisnis warnet ini. Komponen dalam rencana bisnis ini tidak banyak sebetulnya, yaitu:

1.       Investasi yang biasanya berkisar 4 jutaan per PC.
2.       Biaya operasional yang biasanya dihabiskan untuk membayar Telkom & ISP, selain membayar karyawan dan listrik.
3.       Tarif.
Sense of business usaha warnet ini sangat sederhana, yaitu:
a.       Letakkan warnet di tempat yang banyak orang, terutama anak muda.
b.      Semakin banyak computer yang digunakan, semakin murah tarifnya, dan semakin cepat untuk bisa balik modal.
c.       Batas minimal computer yang feasible untuk akses web sekitar 5 komputer jika menggunakan sambungan telpon dial-up.
Teknologi Warnet
Dari sisi teknologi ada beberapa isu besar yang perlu diperhatikan untuk memulai bisnis warnet. Secara umum topologi sederhana sebuah warnet konvensional tampak pada gambar. Warnet terdiri dari sebuah Local Area Network (LAN) yang tersambung ke Internet melalui sebuah gateway yang kadang-kadang juga berfungsi sebagai server. Pada tingkat yang lebih kompleks, konsep ini dapat dikembangkan dengan mudah untuk menyambungkan jaringan di kompleks perumahan (untuk membuat RT/RW-net), di kompleks pertokoan, kompleks perkantoran, di sekolah-sekolah, di kampus-kampus yang pada akhirnya memungkinkan orang Indonesia mengakses Internet dengan biaya yang sangat murah. Teknik Local Area Network (LAN) relatif cukup mapan, biasanya warnet menggunakan topologi Bus dengan ethernet 100BaseT yang murah di pasaran pada kecepatan 100Mbps di LAN. Ethernet Card yang baik bisa diperoleh dengan harga sekitar Rp150.000 per card. Sebaiknya jangan membeli yang murah sekali-sekitar Rp70.000-an-karena biasanya jelek. Pada network kampus, kompleks perumahan dan perkantoran tentunya teknik yang digunakan semakin kompleks.
Sambungan jarak jauh dari warnet ke ISP maupun ke Internet internasional mempunyai variasi yang cukup banyak.
Teknik yang paling murah adalah menggunakan dial-up melalui kabel telepon milik Telkom ke ISP lokal. Teknik sederhana ini persis sama dengan pola yang dipakai untuk akses Internet di rumah-rumah.
Sebagian warnet, kompleksn perkantoran, kompleks perumahan yang lebih maju umumnya tidak lagi menggunakan Telkom karena selain kualitas jaringannya kurang baik, kecepatan aksesnya juga lambat yang semua mengurangi laba warnet. Teman-teman yang lebih maju ini umumnya menggunakan peralatan microwave buatan sendiri di frekuensi 2.4GHz, beberapa bereksperimen juga di frekuensi 5.8GHz. Yang terakhir ada beberapa rekan yang juga mencoba menggunakan gelombang cahaya infra merah di antara beberapa gedung di Jakarta. Kecepatan pengiriman dengan menggunakan peralatan microwave atau cahaya infra merah ini cukup menakjubkan, sekitar 2-11Mbps. Jika di paksakan menggunakan gelombang infra merah dapat mencapai kecepatan 155Mbps.

http://tempatorangbodoh.wordpress.com/2009/04/09/panduan-untuk-memulai-bisnis-warnet/


Ditulis Oleh : Unknown

Artikel Panduan Untuk Memulai Bisnis Warnet ini ditulis oleh Unknown pada hari Selasa, 30 Oktober 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Panduan Untuk Memulai Bisnis Warnet dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.
Comments
1 Comments

Responses

1 Respones to "Panduan Untuk Memulai Bisnis Warnet"

arifin mengatakan...

info menarik nih


31 Oktober 2012 pukul 12.22

Posting Komentar

 
English
Japanese
Korean
Arabic
Chinese Simplified

Buku Tamu
Return to top of page Copyright © 2012 Adhi Blog™